Jumat, 08 Januari 2010

SAMPEK ENGTAY dan Tawa Terburai...

Ujian Kajian Drama PBSI 07 kelas GH didukung GMT.

Gedung Lab Pertunjukan Fakultas Bahasa Seni Universitas Negeri Yogyakarta penuh sesak oleh muda-mudi yang rata-rata adalah mahasiswa. Mereka rela berjejal lesehan dan sebagian bahkan berdiri selama kurang lebih 130 menit. Senin malam, 4 Januari 2010 itu adalah giliran kelas mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY angkatan 2007 kelas GH mempresentasikan tugas mata kuliah Kajian Drama.

SAMPEK ENGTAY lakon versi N Riantiarno yang dipilih kelas itu ditampilkan dengan sangat meriah. Setting panggung yang berwarna merah dan kostum ala china berbahan satin yang mengkilap, didukung alunan musik yang sangat indah dari barisan musik GMT menambah gempita pertunjukan malam itu.

Pertunjukan yang merupakan ajang pembelajaran drama ini adalah tradisi tahunan di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY melalui mata kuliah Kajian Drama yang diampu oleh Dr. Suroso untuk Program studi PBSI dan Bp NUrhadi untuk Program Studi Sastra Indonesia.

Kelas GH menggandeng Gamblank Musikal Teater sebagai pendukung mereka. Sebagaimana disyaratkan oleh Jurusan, mereka diwajibkan menunjuk seorang supervisor untuk menyempurnakan karya mereka. GH dengan naskah Sampek Engtay meminta M Ahmad Jalidu, direktur dan sutradara Gamblank Musikal Teater yang lalu menurunkan skuad GMT untuk membantu di lini artistik terutama Tata panggung dan musik.

Tidak mengherakan, selama 2 jam sepuluh menit, penonton riuh tertawa menanggapi berbagai lelucon yang dikreasi Rizky Ling-ling (sutradara) atas arahgan supervisor M Ahmad Jalidu. 9 lagu aransemen Bahrudin F Bolu pun terdengar sangat apik mengantarkan kemeriahan dan kesenduan adegan-adegan dalam sampek engtay ini.

"Saya sangat menikmati dan saya merasakan suasana menonton pertunjukan yang sangat meriah dan menyentuh. luar biasa sekali." demikian komentar Ibu Pangesti, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY.

Kini manajemen GMT sedang menjajaki kemungkinan untuk memproduksi kembali Sampek Engtay dengan menampilkan Aktor-aktor andalan GMT. Kita tunggu tanggal mainnya.

Tidak ada komentar: