Sabtu, 18 April 2009

Release "Mahabarata : Kiss Me Please" - Kedaulatan Rakyat

15/04/2009 08:48:23 MERAYAKAN semangat di usia ke-4, Komunitas Gamblank Musikal Teater (GMT) kembali menggelar pertunjukannya. Pada 24-25 April pukul 20.00 mendatang GMT akan mempertunjukkan eksperimen pertunjukan mereka di halaman belakang gedung FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Alex Suhendra, sutradara yang kali ini mendapat jatah menggarap pertunjukan GMT, sekaligus juga menulis naskahnya yang berjudul ‘Mahabarata: Kiss Me Please’.

Banyak hal berbeda dibanding pertunjukan GMT sebelumnya. Salah satunya mengenai sutradara. Ahmad Jalidu, adalah nama yang selalu muncul sebagai sutradara pada 3 pertunjukan GMT terdahulu. “Ini bukan regenerasi, karena Ahmad Jalidu belum pantas dipensiunkan, sementara Alex Suhendra juga bukan generasi di bawahnya. Mereka satu level, hanya masalah pemerataan kesempatan saja,” kata Didik Adi Sukmoko, Ketua GMT, belum lama ini.

Hal lain yang perlu dicatat adalah, dalam pementasan ‘Mahabarata: Kiss Me Please’ nanti akan ditemukan gaya yang jauh berbeda dengan gaya GMT lawas. Tentu saja ini karena pertunjukan ditangani oleh sutradara yang berbeda. Dan yang pasti, Alex Suhendra memang sedang bereksperimen dalam model pemanggungan. Salah satu ekplorasinya adalah bentuk panggung yang tidak lazim dan pola adegannya. “Penonton akan disuguhi sebuah adegan yang tidak bisa dikatakan realisme, tetapi kalau masing-masing tokoh disorot secara parsial, pola aktingnya adalah realisme,” ujar Ahmad Jalidu.

“Kemungkinan-kemungkinan lain, itu yang saya percaya. Kalau sistem pemungutan suara saja bisa terus dieksplorasi berbagai kemungkinannya, apalagi teater yang bagi saya hampir tidak ada batasnya. Masalah lebih menguntungkan yang mana, itu akan terjawab kalau percobaan-percobaan itu telah selesai,” tambah Alex Suhendra.

‘Mahabarata : Kiss Me Please’, cerita dasarnya memang diambil dari petikan kisah Mahabarata, tetapi Alex melakukan transformasi ke masa kini dan menawar kembali asal-usul dan kisah tokoh-tokoh itu. Kali ini GMT menampilkan 6 orang aktor yaitu Alex Suhendra, Agung Wijaya, Ahmad Jalidu, Maftu Rahayu, Rio Handziko dan Suyatman. Untuk menyaksikan pertunjukan ini penonton dikenai harga tiket sebesar Rp 10.000 dengan mendapat bonus perdana Tri plus pulsa Rp 15.000. Pertunjukan ini didukung oleh Kelompok Sekrup FMIPA UNY dan Jaringan GSM Tri. (Cdr)-m

Dimuat di Kedaulatan Rakyat, 15 April 2009
juga dimuat di www.gong.tikar.or.id

Tidak ada komentar: