Kamis, 01 Desember 2011

Ballet Musikal Nyanyian Rimbayana, produksi baru yang pantas dinanti...


Gamblank Musikal Teater sedang mempersiapkan produksi baru 2011. Menurut rencana Manajer Produksi Febrinawan Giants, pertunjukan ini akan dipentaskan pada bulan Desember 2011.


NYANYIAN RIMBAYANA :
A BALLET MUSICAL Show



Nyanyian Rimbayana (NR) adalah sebuah naskah drama musikal karya M Ahmad Jalidu. NR berkisah mengenai koloni binatang di sebuah hutan di Jawa yang dipimpin oleh raja hutan yaitu Harimau Jawa. Pada dasarnya kisah binatang ini adalah kiasan dari kehidupan sosial manusia, direkayasa untuk menjadi tontonan menarik yang tetap memiliki muatan moral positif sebagai cermin kehidupan.

NR telah beberapa kali dimainkan oleh kelompok atau lembaga lain antara lain Forum Komunikasi UKM UNY dalam rangka Dies Natalis UNY 2009, Teater Kodok STMT Trisakti, juga beberapa SMA di Jombang, Purworejo, Bandung dan sebagainya. NR juga menjadi salah satu naskah pilihan dalam Festival Drama Musikal Bandung 2011.

Ballet Musikal.
Gamblank Musikal Teater adalah kelompok teater Independen yang didirikan oleh M Ahmad Jalidu (Penulis). Kali ini GMT akan memproduksi NR dalam format Ballet Musikal. Yang dimaksud dengan Ballet Musikal adalah di mana drama musikal ini akan diwarnai dengan tata gerak berdasarkan pola gerak ballet. Gesture (permainan gerak tubuh) tokoh2 dalam cerita juga akan dirujuk pada gerak ballet. Meski demikian NR Ballet Musikal ini tidak akan dibawa ke arah pertunjukan sendratari ballet murni.

Keunggulan dari segi visual dan penggarapan :
1. Keungulan NR adalah kisahnya yang menyuguhkan dunia binatang, sehingga sangat memungkinkan mendorong karya ini menjadi produk teater yang cocok bagi tontonan keluarga segala umur.
2. Meski demikian NR tidak lupa menyisipkan pesan moral yang intinya adalah keyakinan dan kecintaan akan kekuatan budaya sendiri serta untuk berani membangun jati diri bangsa tanpa harus terseret gaya bangsa lain.
3. Bentuk Drama musikal adalah bentuk drama disertai dengan tarian dan nyanyian yang lebih menghibur.
4. Drama musikal NR versi GMT 2011 ini juga dirancang untuk mengangkat gaya tari ballet, sesuatu yang belum pernah dilakukan teaterawan di Yogyakarta.
5. Amanat utama dari NR yakni kepercayaan diri terhadap jati diri dan lokalitas akan ditabrakkan pada bentuk penggarapan yang justru diimpor dari barat (ballet dance), ini bukan berarti rancu, tapi justru memberi penyadaran yang tinggi bahwa bukan chauvinisme yang didorong, tetapi kesadaran pada potensi budaya sendiri dan potensi interkultural yang positif.

Keunggulan tematik :
1. NR menyuguhkan sebuah nilai nasionalisme budaya yang sangat tegas, dalam naskah bagian akhir terdapat kalimat “Rimbayana memang harus kaya, harus maju, tetapi dengan tetap memegang jati diri Rimbayana, bukan jati diri negara lain!” Pesan yang agung ini tetap dibalut melalui kisah roman dan komedi yang menarik dan menghibur.
2. Tokoh yang dimainkan dalam kisah NR adalah dunia binatang. Dalam cerita ini kita dapat menyebut beberapa jenis binatang langka seperti Harimau Jawa, Kakak Tua, Burung Hantu, Elang Jawa dan sebagainya. Beberapa jenis binatang tersebut ada yang sudah dinyatakan punah dan beberapa dalam kondisi terancam. Oleh karenanya Melalui NR kita dapat pula mengkampanyekan pentingnya melestarikan kekayaan satwa Nusantara dan bahkan mengkampanyekan gerakan konservasi satwa.

Keunggulan SDM
1. Pertunjukan ini dikerjakan secara kolektif oleh tim pengurus dan anggota GMT. Kelompok ini telah sejak berdiri (2005) memfokuskan diri pada penggarapan drama musikal meski dalam format sederhana. Pengalaman ini membuat GMT bisa dikatakan terpercaya untuk penggarapan drama musikal.
2. NR Ballet Musical Show ini ditangani oleh M Ahmad Jalidu, penulis sekaligus sutradara GMT yang telah mengenal drama musikal sejak tahun 2000 bersama Teater Gardanalla, dilanjutkan sejak 2002-2007 aktif di Kelompok Sekrup juga memproduksi beberapa drama musikal, bahkan beberapa kali terlibat sebagai supervisor penggarapan drama musikal di dies natalis UNY 2007 dan 2009 serta ujian Kajian Drama jurusan PBSI UNY 2008-2010.
3. Tata gerak akan dipercayakan kepada Scholastica W Pribadi. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari UNY ini juga sedang mendalami tari ballet di Bailamos Dance School. Scholastica juga berpengalaman menggarap pertunjukan sendratari dengan campuran tari Jawa dan Ballet pada bulan Maret 2011 lalu.
Beberapa pemain yang terlibat juga adalah para pembelajar tari ballet dan pembelajar seni Akting teater.

SAKSIKAN DI

GEDUNG SOSIETET MILITAIR, TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA
22-23 Desember 2011 jam 20.00 WIB
TIket Rp 15.000

Auditorium Universitas Muhammadiyah Magelang
4 Januari 2012 jam 20.00 WIB
Tiket Rp 8.000

PESAN TIKET SEKARANG JGA melalui 0856 2856 610
Tiket diantar ke alamat Anda (khusus dlam kota Jogja dan Sleman)

Tidak ada komentar: