Sabtu, 01 Maret 2008

The Light of Ken Dedes, Penuh Humor Namun Tetap Berisi


Berikut adalah Ulasan pementasan The Light of Ken Dedes di situs Trulyjogja.com



25/11/2006 09:19

Akting serta iringan musik yang dibawakan dalam teater berjudul 'The Light of Ken Dedes' berhasil membuat puluhan mata penonton tak lepas dari pertunjukan selama 1,5 jam ini. Jumat (24/11), Teater yang bercerita tentang kisah kehidupan Ken Dedes yang penuh tragedi ini diadakan di Lembaga Indonesia Perancis.


Teater musikal ini dibawakan oleh kelompok Gamblank Musikal Teater dan disutradai oleh M. Ahmad Jalidu. Dengan mengadopsi kisah yang berasal dari tanah Jawa ini serta terinspirasi pada novel Ken Dedes I’m Falling in Love, teater musikal ini menjadi tontonan yang cukup menarik untuk disimak.


Pertunjukan teater musikal kali ini bercerita tentang kehidupan Ken Dedes yang dianugerahi citra wanita sempurna. Namun bukannya membawa kebahagiaan, berkah semu ini justru membuat segala kehidupan Ken Dedes berakhir tragis. Tak hanya kehidupan cintanya, tapi juga pada kehidupan pribadinya sendiri.


Dengan 14 pemain dan 7 musisi teater musikal ini juga menambahkan unsur humor dalam alur ceritanya. Unsur humor yang ditambahkan tidak melulu hanya dalam akting saja namun dalam dialog juga ditambahkan guyonan yang menggugah tawa para penonton yang menyaksikan pertunjukan tersebut. Modifikasi karakter tokoh asli yang dibawakan dengan penuh humor juga menjadi daya tarik yang menghibur bagi para penontonnya.


Kritik sosial menjadi pesan moral yang coba disampaikan dalam pertunjukan ini. Kritik terutama tertuju pada diskriminasi gender yang selalu terjadi dalam kehidupan nyata. Contohnya saja, ketidakadilan dan kekerasan yang dialami perempuan yang dialami sehari-hari dipaparkan ke tengah-tengah penonton yang menyaksikan sandiwara musikal ini. Kisah yang disuguhkan juga menjadi menarik karena setting yang digunakan mengambil masa modern, sehingga pertunjukan teater musikal ini tampak lebih akrab di mata penontonnya. Tambahan koregrafi yang menarik juga membuat pementasan teater musikal kali ini lebih atraktif.


Sebagai teater musikal, iringan musik menjadi salah satu bagian vital dalam pertunjukan. Untuk mengiringi adegan yang dimainkan, Gamblank Musikal Teater menyajikan musik yang cukup unik. Iringan musik yang beraliran country mendominasi dalam pertunjukan ini, dengan tambahan instrumen alat musik seperti biola dan cello yang berhasil menambah semarak sandiwara musikal kali ini. (jan)

Tidak ada komentar: